berikut cara pembuatan VLAN adalah sebagai berikut:
  1. Hubungkan koneksi jaringan komputer clien ke jaringan komputer proxmox yang telah kita buat sebelumnya menggunakan mikrotik.
  2.  Buka mikrotik menggunakan winbox.
  3. Klik Interface. Pada bagian Interface List, klik ikon plus berwarna biru. Kemudian klik VLAN.
     
  4.  Kemudian muncul tampilan new interface, isi name, VLAN ID, dan       Interface. Misal name: vlan fikih, VLAN ID: 2710, dan interface: ethernet2. Kenapa pada bagian interface saya arahkan ke ethernet2? karena komputer proxmox terhubung pada port2/ethernet2 pada mikrotik. Kemudian klik apply.

  5. setelah itu close lalu buka Klik menu IP, kemudian klik addresess.maka akan muncul seperti ini
     
     Isi address dan pilih interface yang akan digunakan. Misal addresess: 192.168.20.1/29 dan interface saya pilih vlan fikih. Selanjutnya klik apply, kemudian klik ok. Keterangan: pada bagian addresess saya mengisi IP yang akan saya gunakan untuk ethernet2 sekaligus prefiksnya.

    7. Tampilan address list. Apabila IP yang kita buat telah berhaasil, maka IP tadi akan muncul pada address list.
      
    8. Remote proxmox melalui PC klien. Buka browser, pada address bar ketikkan https://ipproxmox:8006. Misal https://192.168.10.2:8006. Kemudian muncul  tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik I Understand the Risk.


    8. Klik Add Exception.
    9. Klik Confirm Security Exception.
    10. Kemudian  muncul tampilan login. Pada bagian username isikan  root dan pada bagian password isikan password yang telah kita buat pada saat instalasi proxmox. klik login    



    11.dan akan muncul tampilan proxmox
    Sekian, semoga bermanfaat apabila ada kesalahan langkah kerja ataupun penulisan 'Saya selaku penulis minta maaf'
  • Tags: