VOIP singkatan dari Voice Over Internet Protocol atau biasa disebut digital phone merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet ataupun packet-switched networks.
Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon, lokal, jarak jauh, mobile phone bahkan nomor internasional.
Cara kerja VoIP yaitu mengonversikan atau mengubah suara Anda yang merupakan sinyal analog menjadi sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon konvensional yang mentransmisikan suara Anda menggunkan sinyal listrik melalui kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus yang dinamakan VoIP adapter.
Instalasi VoIP server.
Instal paket aplikasi asterisk dengan  mengetikkan perintah #apt-get install asterisk.

 Tekan enter untuk melanjutkan.

 Tekan y.


Konfigurasi VoIP.
 Ketikkan perintah #nano /etc/asterisk/sip.conf


 Tambahkan (pada bagian paling bawah):
[general]
port=5000
bindaddr=0.0.0.0
context=others

[192168202]                           isi ipanda
type=myfriend
context=myphones
secret=1234
host=dynamc

[19216202]                             isi ipanda
type=myfriend
context=myphones
secret=1234
host=dynamc
Kemudian simpan



 Keterangan :
[general] = dalam baris ini dan baris di bawahnya, kita harus memasukannya sebagai perintah umum yang digunakan pada asterisk
[1921681374]/[1921681374] = dalam baris ini kita mengonfigurasikan userbaru yaitu untuk username pengguna layanan VoIP sekaligus nomor telepon yang digunakan, kita dapat menggantinya dengan nomor yang lain sesuai yang kita inginkan
secret = berarti password yang akan digunakan untuk login user asteriskKemudian ketikkan perintah #nano /etc/asterisk/extensions.conf. Tambahkan konfigurasi sebagai berikut pada bagian paling bawah.

[others]
[myphones]
exten => 192168202,1,Dial(SIP/192168202)
exten => 192168203,1,Dial(SIP/192168203)
Kemudian simpan.

 Restart asterisk menggunakan perintah #/etc/init.d/asterisk restart



Kita sudah bisa mencoba asterisk pada client baik di linux atau windows ataupun telpon gengam kita , saya menyarankan untuk aplikasi VoIP client atau pengguna VoIP, gunakan aplikasi Zoiper (http://www.zoiper.com) karena aplikasi ini free dan CrossxPlatefrom atau dapat digunakan di segala model OS, seperti windows, linux, windows phone8, iOS, Android, MacOS dan bahkan di web browser. Untuk instalasi Zoiper kita dapat mencari sendiri di google. Berikut cara instalasi Zoiper pada linux.
  1. Pertama, download zoiper dari internet. Kebetulan Zoiper yang akan saya gunakan memiliki ekstensi .run. Untuk menjalankannya, ketikkan perintah#./Zoiper_3.3_Linux_Free_32Bit.run
  2. Klik forward.
  3. Klik 'I accept the agreement', kemudian klik forward.
  4. Klik forward.
  5. Klik forward.
  6. Klik forward.
  7. Kemudian akan muncul tampilan proses seperti gambar di bawah ini.
  8. Klik finish.
  9. Klik yes.
  10. Tampilan zoiper.
  11. Buat akun dengan cara masuk ke preferences, caranya dengan menekan Ctrl+p atau klik settings>preferences>create account.
  12. Pada bagian account type, pilih SIP. Kemudian klik next.
  13. Masukkan nama user, nama host, dan password (secret) yang telah kita buat (yang telah kita daftarkan pada komputer server) pada saat konfigurasi asterisk. Kemudian klik next.

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik next.
 
Akun telah berhasil ditambahkan pada daftar akun (account list). Klik close.

Apabila akun telah berhasil terdaftar, maka akan muncul keterangan 'registered' pada bagian atas kanan. Kemudian  klik ok.





Sekian, semoga bermanfaat apabila ada kesalahan langkah kerja ataupun penulisan 'Saya selaku penulis minta maaf'
  • Tags: